Rabu, 03 Juli 2013

Menakertrans: Transmigran Ada Lulusan S1

JAKARTA (Pos Kota) – Penempatan transmigran berkualitas terus didorong Kementerian Tenaga  Kerja dan Transmigrasi  untuk menjadi motivator bagi warga transmigran lainnya dan bagi penduduk setempat.
Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi A. Muhaimin Iskandar mengungkapkan, sedikitnya ada 160 KK atau 496 transmigran yang telah mengikuti pelatihan transmigrasi berkualitas selama sebulan, dan telah ditempatkan ke sejumlah lokasi.
“Para transmigran tersebut ada yang lulusan S1 (sarjana), diploma dan SLTA,” kata Muhaimin, Selasa.
Ke-160 KK yang berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur tersebut akan ditempatkan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur yang akan ditempatkan di lokasi Tanjung Buka Satuan Permu kiman (SP).5 Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara (100 KK),  lokasi Simanggaris SP.5 Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara (50 KK)  dan lokasi Watutau Kabupaten Poso Provinsi Sulawesi Tengah (10 KK).
Khusus penempatan transmigran ke lokasi Tanjung Buka di Kab. Bulungan, lanjutnya, merupakan mplementasi dari kerjasama antara Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan Pemerintah Kabupaten Bulungan dan Provinsi Kalimantan Utara.
“Penempatan di lokasi ini juga dalam rangka mendukung program Food Estate Kawasan Delta Kayan yang dikembangkan Pemerintah Kabupaten Bulungan melalui dukungan beberapa Kementerian (termasuk Kemnakertrans), BUMN dan pihak swasta di area seluas   50.000 Ha  yang tersebar di 4 wilayah kecamata,” jelasnya.
Muhaimin mengingatkan, keberhasilan para catrans di kawasan transmigrasi sangat tergantung pada sifat, sikap dan usaha mereka sendiri.  “Disiplin, jujur, tanggungjawab dan kerja keras merupakan sifat dan sikap dasar yang harus dimiliki setiap transmigran, dalam mengembangkan lahan baru.”

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...