Rabu, 03 Juli 2013

Transmigrasi Berhasil Dirikan 88 Kabupaten Baru

Muhaimin Iskandar, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi mengatakan program transmigrasi ternyata sudah banyak menghasilkan kawasan baru yang maju. Bahkan sebanyak 88 kabupaten baru hasil pemekaran di Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi adalah produk dari transmigrasi.

"Ini adalah bukti, transmigrasi berhasil bangun kawasan baru yang cepat tumbuh, bukan sekedar jadi desa yang maju bahkan 88 kabupaten baru, ibukota kabupatennya adalah daerah yang dibangun para transmigran," kata Muhaimin di sela-sela memberangkatn 160 transmigran baru di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Senin (3/6/2013).

Transmigrasi, kata Muhaimin, terbukti telah memberikan solusi untuk menanggulangi kemiskinan, dan mengurangi pengangguran. Transmigrasi bahkan dinilai telah berhasil meningkatkan ketahanan pangan nasional karena mayoritas bahan pangan nasional merupakan produk dari para transmigran.

Karenanya, dalam pengiriman transmigrasi kali ini, pemerintah menerapkan program food estate dimana para transmigran akan dirangsang untuk menanam aneka produk pangan yang dibutuhkan.

Meski banyak keberhasilan, namun pemerintah mulai tahun depan akan terus mengurangi jumlah pengiriman transmigrasi. "Tahun ini kita kirim 10 ribu KK, tahun depan akan terus kita kurangi karena anggaran kita untuk selanjutnya akan difokuskan memperbaiki wilayah transmigrasi yang sudah ada," kata Muhaimin.

Ditempat yang sama, Harry Soegiri, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Kependudukan Jawa Timur mengatakan untuk tahun ini, jumlah transmigran yang akan dikirimkan sebanyak 1300 keluarga.

"300 KK untuk transmigrasi khusus di daerah perusahaan dan 1000 KK transmigrasi umum," kata dia. Transmigrasi khusus ini merupakan transmigrasi hasil kerjasama antara pemerintah dan perusahaan swasta dimana hasil pertanian dari para transmigran ini langsung bisa dibeli oleh perusahaan yang ada di sekitar wilayah transmigrasi. (fik/rst)

sumber : suarasurabaya.net - 

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...